Home Games Nintendo Fall Guys di Tahun 2022, Semakin Seru?

Fall Guys di Tahun 2022, Semakin Seru?

0
61

Tren game berbayar menjadi gratis atau free to play semakin sering terjadi di tahun 2022. Kita bisa melihat berbagai macam game dengan budget indie sampai triple A sekalipun yang mengikuti strategi seperti ini. Sebut saja Knockout City, Overwatch 2, hingga Fall Guys.

Entah karena kekurangan jumlah pemain atau alasan lain, game-game ini setidaknya cukup berhasil menarik banyak pemain baru. Melihat suksesnya game free to play yang sudah sedari awal seperti Valorant ataupun Apex Legends, membuktikan bahwa game live service sudah tidak lagi reliabel di era sekarang.

Hal lain yang menarik dibahas adalah mengenai perubahaan monetisasi game itu sendiri dari yang tadinya pemain harus membeli gamenya terlebih dahulu, berubah menjadi tidak perlu. Perubahaan apa yang developer bawa untuk bisa tetap memiliki pendapatan tanpa mengorbankan pemain?

Dikarenakan Fall Guys: Ultimate Knockout sendiri baru saja menjadi free to play, kami akan melakukan review sekaligus membandingkan sistem monetisasinya dengan versi terdahulu.

Battle Royale yang berbeda

Pertama dirilis pada tahun 2020, Fall Guys: Ultimate Knockout sebenarnya hanya hadir di platform PlayStation 4 dan PC saja. Pengguna PS4 juga mendapatkan keuntungan lebih dikarenakan game ini dilepas secara “gratis” di PS+ pada saat itu. Untuk yang tidak berlangganan layanan PlayStation tersebut dikenakan harga ratusan ribu, begitu juga dengan versi PC-nya di Steam.

Seperti yang sudah kalian ketahui sebelumnya, Fall Guys menghadirkan gameplay battle royale dengan konsep yang mirip seperti di reality show. Dari total 60 pemain yang berjuang, akan hanya ada satu orang yang dinyatakan sebagai pemenang. Para pemain yang bisa disebut sebagai kontestan tersebut harus melewati berbagai rintangan yang dihadirkan.

Tidak membutuhkan stategi mendalam untuk bisa memenangkan game ini

Berbeda dengan battle royale lain yang dibuat begitu serius, taktis, dan penuh dengan strategi, Fall Guys justru sebaliknya, pemain akan dibuat tertawa dengan pergerakan karakternya yang lucu. Terlebih physics yang digunakan juga memang tepat dengan bentuk karakter. Kelincahan pemain akan diuji dalam game ini.

Keseruan tersebut ditambah lagi dengan latar belakang musik yang sangat mendukung. Mediatonic bersama dengan Julio Kallio dan Daniel Hagstrom sudah menyiapkan begitu banyak musik untuk menemani para pemain di sepanjang permainan.

Bosan bermain solo? Fall Guys juga menghadirkan mode lainnya. Selain dari mode solo, kalian juga bisa memilih mode Duos dan Squad untuk bermain bersama dengan teman. Gameplay-nya sendiri bisa dikatakan serupa, namun rintangan yang dihadirkan hanya yang cocok untuk bermain lebih dari satu pemain saja.

Mode multiplayer menjamin keseruan anda bertambah 200%

Di setiap musimnya, Mediatonic selalu memberikan pembaruan dari konten yang berupa skin kolaborasi, rintangan baru, dan hal lainnya. Begitu juga dengan peluncuran free to play beberapa waktu lalu. Fall Guys tidak hanya datang sebagai sebuah game gratis saja, namun Mediatonic juga menaruh beberapa konten untuk merayakan hari peluncurannya tersebut.

Dengan adanya konten baru berupa rintangan yang ditambahkan, tidak hanya membuat para pemain baru senang, melainkan juga para pemain lama yang mungkin sudah bosan dengan rintangan sebelumnya.

Crown bukan lagi segalanya

Berbicara mengenai game free to play tentunya akan berbeda dengan sebuah game berbayar dari sisi keuntungan dan sistem monetisasinya. Di saat Fall Guys masih menggunakan konsep pay to play memang sangat terasa lebih menguntungkan untuk pemain. Kostum yang hadir di Shop bisa dibeli menggunakan Crown yang bisa didapatkan pemain ketika menang atau naik level. Namun kini terdapat sebuah mata uang baru bernama Showbucks.

Layaknya V-Bucks yang terdapat di Fortnite, Showbucks ini memiliki kegunaan untuk membeli beragam item kosmetik di Fall Guys. Alih-alih didapatkan secara gratis dari sebuah match, Showbucks sayangnya harus dibeli menggunakan uang asli atau dari hadiah season pass.

Kabar baiknya hal tersebut tidaklah begitu buruk, Crown yang pemain dapat masih menjadi mata uang berharga. Tidak hanya season pass, Mediatonic juga menambahkan Crown Pass. Crown Pass berisi berbagai macam hadiah termasuk kostum didalamnya. Pemain hanya memerlukan Crown untuk mendapatkan hadiahnya sesuai dengan level. Setidaknya dengan adanya fitur ini tidak membuat perbedaan yang sangat terlihat antara pemain “gratis” dan “berbayar”.

Kesimpulan

Menjadi game free to play memang sebuah langkah yang tepat, jumlah pemain yang naik secara signifikan. Begitu juga dengan perilisannya di platform Nintendo Switch dan juga Xbox. Namun konsep free to play juga memiliki sisi buruk. Dikarenakan gamenya sendiri sudah gratis, pemain bisa saja beralih ke game lain yang lebih menarik bagi mereka. Mungkin untuk tetap bisa menjaga pemain aktif di Fall Guys, Mediatonic harus rajin untuk memperbarui konten yang ada atau tambahkan mode ranked.

Menutup review kali ini, seberapa seru Fall Guys di 2022? Terlepas dari berubahnya game berbayar menjadi free to play, Fall Guys Ultimate Knockout masih sangat seru untuk dimainkan. Terlebih belum ada game lain yang memiliki konsep serupa untuk dijadikan sebagai pesaing. Dengan perilisan di Switch dan Xbox

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here